Rabu, 04 Maret 2020

I. Pendahuluan 1. Menyiapkan psikis dan fisik peserta didik dengan cara menyampaikan salam, berdoa, dan presensi. 2. Pemberian motivasi belajar sehingga peserta didik menunjukkan sikap rasa senang, tertarik, bersemangat, dan siap mengikuti pembelajaran. 3. Pemberian pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. 4. Menyampaikan tujuan pembelajaran, masalah yang akan dibahas, kompetensi dasar, tema, dan sub tema. 5. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. II. Inti 1. Penerapan pendekatan saintifik berdasarkan silabus, buku guru, dan buku siswa. 2. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan mengamati (observing) yang meliputi kreatif, komunikatif, kolaboratif (kerjasama), dan berpikir kritis. 3. Memfasilitasi peserta didik untuk kegiatan menanya (questioning) dengan kata tanya “apa, mengapa, dan bagaimana”. 4. Memfasilitasi peserta didik untuk kegiatan menalar (association) dan mengasosiasikan melalui membaca, mengumpulkan data, menganalisis, mengklasifikasikan, membandingkan, dan melakukan eksperimen. 5. Memfasilitasi peserta didik untuk kegiatan mengkomunikasikan (communicating) dan membangun jaringan (networking) hasil belajar melalui menyampaikan, mempertahankan, menanggapi, dan menyimpulkan. 6. Penerapan strategi discovery learning atau problem based learning atau project based learning atau inquiry based learning atau genre based learning dengan sintak secara runtut. 7. Penggunaan media atau alat bantu pembelajaran yang menarik dan menunjang pembelajaran. 8. Penggunaan sumber belajar terdiri dari media cetak dan elektronik, narasumber, lingkungan fisik, serta lingkungan alam, sosial dan budaya. 9. Memfasilitasi peserta didik menunjukkan sikap spiritual dalam pembelajaran melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 10. Memfasilitasi peserta didik agar menunjukkan sikap sosial yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, dan percaya diri. 11. Menggunakan bahasa yang baik (komunikatif) dan benar (sesuai kaidah). III. Penutup 1. Bersama peserta didik (baik secara individual maupun berkelompok) merefleksi untuk mengevaluasi rangkaian aktifitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh meliputi merangkum atau menyimpulkan, mengevaluasi seluruh rangkaian aktifitas pembelajaran (sikap), memberikan umpan balik, merencanakan tindak lanjut, menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 2. Merencanakan tindak lanjut berupa pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan pemberian tugas mandiri atau kelompok. 3. Pemberian umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan kepada peserta didik, memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya, mengevaluasi hasil pembelajaran, dan memberikan penguatan atas materi yang telah disampaikan. 4. Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dengan cara menyampaikan tema dan kompetensi dasar yang akan datang, menyampaikan rencana kegiatan atau skenario pembelajaran, memberikan tugas persiapan yang akan datang, serta memberikan penguatan atas materi yang akan disampaikan berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!